Senin, 24 Juni 2013

kesadaran berdakwah



Melemahnya kesadaran manusia untuk beragama atau kekurangpekaan mereka terhadap panggilan Ilahiah menurut Abul Hasan An-Nadwy disbabkan hilangnya indra keenam, yaitu indra agama.

Apabila seseorang kehilangan indra agamanya, karena suatu sebab atau cacat fitrahnya, niscaya hilang pulalah fungsi dan pengaruhnya sehingga ia tidak dapat percaya dan menanggapi apa yang dihasilkan oleh indra itu.bagai orang buta, seperti orang tuli, dan bahkan hatinya akan keras dan tertutup mendengar peringatan-peringatan dan ancaman yang menggugah hatinya.

dakwah Islam bertugas mengfungsikan kembali indra keagamaan manusia yang telah menjadi fikri asalnya, agar mereka dapat menghayati tujuan hidup sebenarnya untuk berbakti kepada Allah. 

dakwah adalah kewajiban setiap muslim. seperti disabdakan Rasullullah, "Dari Khudzaifah ra. dari Nabi bersabda; "Demi Dzat yang menguasai diriku, haruslah kamu mengajak kepada kebaikan dan haruslah kamu mencegah perbuatan yang munkar, atau Allah akan menurunkan siksa-Nya kepadamu kemudian kamu berdoa kepada-Nya di mana Allah tidak akan mengabulkan permohonanmu" (HR.Imam Tirmidzi).

banyak ayat-ayat Allah yang menyebutkan dasar hukum dakwah dan kewajiban dakwah bagi kita. QS. Ali Imron: 104, QS. Al-Baqarah: 257, dan masih banyak lagi. 

marilah hai semua kita melaksanakan tugas dakwah ini, mulailah dari diri sendiri dengan selalu jujur dan mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran walaupun itu sangat sulit dan penuh tantangan. jadilah teladan. setelah dari diri sendiri, marilah ajak orang terdekat kita untuk selalu amr ma'ruf nahy munkar. barulah kita dapat menjadi tauladan sehingga usaha dakwah bisa kita jalankan agar nilai-nilai Islam selalu menjadi bagian dari setiap muslim. 

wallahu'alam...

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini