Selasa, 17 Mei 2011

Kaya atau Miskin


Dari Abu Dzar ra. dia berkata, :Rasullullah SAW bersabda, : "Hai Abu Dzar tahukah kamu apakah harta itu suatu kekayaan?". Aku menjawab,"Benar hai Rasulullah, Beliau bertanya lagi,: "Tahukah kamu apakah sedikit harta suatu kefakiran?". Aku menjawab "Benar ya Rasullullah". Beliau bersabda,"Sesungguhnya kekayaan adalah kecukupan hati, dan kefakiran adalah fakirnya hati. Barang siapa kaya hatinya maka suatu dari hartanya tidak akan membahayakan bagi dirinya. Dan barang siapa merasa fakir hatinya, maka harta yang banyak pun tidak akan mencukupinya, akan tetapi justru membahayakan dirinya karena kikirnya". (HR> Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya).

Kawan.. sebagai umat Nabiyullah, kita sering sekali salah mempersepsikan kaya dan miskin. Sering kita menganggap orang kaya harta lebih mulia dari pada orang yang miskin harta. coba kita perhatikan di sekeliling kita.. orang kaya harta meskipun omongan dan tindak tanduknya salah akan tetapi masih saja dimaafkan dan disegani karena kekayaannya... bagaimana dengan yang miskin harta? justru sebaliknya... walaupun mereka berkata jujur dan berbuat benar, itu juga tidak ada artinya...

Kawan...padahal... apalah yang akan kita bawa nanti? di saat kita semua meninggalkan dunia fana ini? Ingatlah kita semua... bahwa kedudukan kita sama dihadapan sang pencipta. Yang melebihkan seseorang dengan yang lainnya hanyalah ketakwaannya....(QS. Al-Hujurat/49 : 13)
"Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".

Kawan... marilah kita semua berlomba dalam kebaikan.....